Senin, 14 April 2014

MPASI 6 bulan

Hehe bog ini jadi meluas yah...ujug2 ada mpasi...kekekekekek....sengaja supaya ni jadi penginget saya buat second child.Saya bikin jadwal menu mpasi aja,kalo resep mah bertebaran dimana-mana,sesempetnya aja.                                 29





Jumat, 21 Februari 2014

Lapis Daging Ala Mamanya Just Try and Taste

Bingung ngolah daging,blogwalking ke justtryandtaste....ketemulah resep ini....kebayang rasanya indonesia banget dengan sedikit kuah kecap hehe...

Curi2 waktu di saat si jagoan lagi bobo dan bermain hihi....seperti biasa resep saya link in aja yahhh...saya ga pake lengkuas n asam jawa soale lg ga ada...zzzz sebel deh kalo ada bahan2 yang ngga lengkap, jadi ga bisa full ngrasain otentik rasanya zzzzzz....

Tapi gapapalah....rasanya enakkk koooook banget malah hehe...saya bikin stok banyak taro di freezer....foto menyusuuul :D

Selasa, 04 Februari 2014

Tepung Bumbu Instan - Kobe Bumbu Komplit Kalasan

Berguna banget disaat males ngulek2an hahahahahhahaha.......pdahal si niatnya ngejauhin yang berbau instan,tapi gapapa lah sesekali

Dan rasanya????maknyussssssssssssssssssssssssss enakkkkk bangetttt.....saya pake ayam dikasi bumbu ini n aer, ungkep sampe airnya saat, trus goreng deh
Rasa ayamnya ngingetin saya akan rasa ayam goreng made in garut....manis n legit...jadi bagi yang suka ayam crispy, jangan harap pake bumbu ini ya, karena tepung bumbu ini menghasilkan ayam goreng yang model basahan gitu..kalo d goreng kering kayanya bakal gosong deh...

Jadi mulai keranjingan mau beli instan2an hahahaha

Kamis, 30 Januari 2014

Kebab dan Tortilla

Panasss liat blognya Dasanida....jadi pengen bikin hehe...
Secara alasannya sama dengan Dasanida, penghematan :p

Testimonial rasa : rasanya lumayan mendekati lah dengan kebab asli meskipun rasanya sangat mild banget yah...untuk tortilla nya, kirain satu bulatan menghasilkan tortilla ukuran kebab pinggir jalan,gataunya sizze nya mini banget, 3kali lep lah haha...cuman kalo udah agak lama di diemin jadi keras...beda dengan tortilla kebab pinggir jalan,..kenapa yah? apa gara2 saya ga pake baking powder??

Karena saya males posting, resep liat di link aja yah....saya ga pake condimentsnya, plek2 ikutin resep bikin kebab n tortillanya (tp tanpa BP doang)
Resep asli dari Dapur Griya Khayangan

Makasi Dasanida atas dorongannya supaya saya tetep posting resep...meskipun sekarang maenannya link2 melulu hahahahaha....takut mas cilik keburu oek-oek lagi soalnya hihihihiihi...

salam busui...(apa cobaa)

Kamis, 23 Januari 2014

Tumis Cakalang Suwir

Halooooo......hehe dah lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa bgt ga update blog...selain males....refoooooot bangett...mulai dari hamdun mpe brojol n urus baby....hihi...sebenernya pengen banget masak2 tp blm ada waktu n mood yg bagus...

Kebetulan dapet ikan tongkol asap dari suami, langsung dikirim dari kepulauan Natuna,hahahahaha...akhirnya dapet resep ini dari femina

Cara bikinnya plek2 sama kecuali saya ga pake kemangi..
secara lagi repot, so langsung ke linknya aja yah hahahahhaha en ga ada foto lagi,ga sempet :D

Rasanya? enakkk kooo, rasa rempah indonesia pluss wangi jeruknya segerrr

Rabu, 24 Juli 2013

Ikan Asam Padeh

Waktu ke Semarang, saya ditraktir ke rumah makan kepala ikan Pak Oeban....sebenernya saya sebel juga, duuuh kenapa mesti di traktir disini ya? secara saya ga suka kepala ikaaaan!!!! tapi apa mau dikata, si bos minta nya kesitu, sebagai setapp ya harus manut :D

Awalnya bingung, gimana mesti makan ni kepala ikan ama nasi yah???ga ada dagingnya gitu...awalnya nyruput kuahnya, wah kok seger banget yah...trus ciwil2 kepala ikannya, kok ga bau amis yah?? akhirnya dengan semangat membara saya bongkar2 tu kepala ikan...sambil nginget kata2 bapak saya yang penggemar kepala ikan "yang paling enak bagian pipinya...." eh bener loh, emang enak n banyak dagingnya...walhasil nasi saya jadi ludes.....malah pas saya tengok pak bos sebelah, dia masih sisain banyak daging ikan di kepalanya, sedangkan saya???rusak dan remuklah tu kepala ikan,haha.....

Nah sambil makan, sambil saya inget2 dia pake rempah2 apa aja, oke lah semuanya saya dah tau, kecuali benda hitam yang wangi tapi gajelas bentuknya itu,saya bingung itu apa....akhirnya setelah sampe rumah, saya browsing, ketemulah...itu adalah asam kandis!!yeaeeeyyyyyy....

Nexxt step, saya cari resep yang ada rempah2 n asam kandis itu...ceritanya pengen praktekin dirumah n bikinin buat bapakku tersayang, eh ketemunya di blognya mba Hesti lagi,hihihihi...emang blog si mba ini top markotop banget deh, semuanya ada..

Nah, setelah dimasak dan jadi,rasanya enaaaaaaakkkk....ga seenak pak Oeban si seinget saya, tapi enak bangettt, saya suka kuahnya dan bapak saya juga...


Untuk resep, silakan liat blognya mba Hesti ya...saya cuman ganti ikannya dengan kepala ikan, pake daun kemangi dan pake asam kandis...

Selasa, 23 Juli 2013

Rujak Serut

Pengen banget rujak seruuuuuuuut.......waktu itu dikasi sodara dan enakkkk banget...dikasih resepnya lah saya trus saya penasaran kan, temen juga kasih rujak serut ke saya dan saya minta resepnya juga dan voilaaa resep ini penggabungan dari keduanya, dan rasanya, mak nyussssss :D

Dalam pengumpulan bahan2 buah mengkalnya, saya juga dibantu sama sodara2 haha, makasi yaaa semoga amal ibadah dibalas sama yang diatas.....karena entah ya, rada sulit cari buah2nya, apa gara2 musim yg ga tentu ya sekarang ini ?? kedondong kualitasnya ga oke, kweni susah bgt dicari, ubi banyak yang hitam2, gapapalah, sing penting jadiiii :D

Saya ga pake timun, pepaya n nanas yah...karena pantangan bumil :)..tapi kata teman saya timun dan nanas itu bisa bikin cepat basi juga sihhh..padahal saya kan mo bikin stok buat seminggu hehe

mmm,saya dah males foto2 jernih, haha sekarang asal jepret aja deh, yg penting rasanya enakkkk..


Oya, untuk bumbu2 ini kira2 aja yah, jadi kalo dirasa kurang ya silakan di tambahin lagi, hehe...

Bahan2 Buah mengkal (kupas semua):
  • 1 kg mangga (saya pake kweni, dia kasih wangi yang enaaak banget soale)
  • 1 kg bengkoang
  • 1 kg ubi merah
  • 1/2 kg kedondong
Bahan2 Gula :
  • 3 bulatan besar gula aren (gula jawa jg bisa,ukuran gulanya terserah yaa)
  • sedikit air, untuk merebus gula (gausah banyak2 karena dari gulanya juga akan mencair)

Bahan2 lainnya :
  • Garam secukupnya
  • 2 sdm terasi matang (terasi oven/terasi yang udah di sangrai sebelumnya)
  • Asam jawa (pilih yang asamnya warna kuning, nah lo saya ga ngerti ni bentuk asam jawa kuning...saya pakenya asam jawa yang hitam biasa untuk masak itu)
  • 4 bh cabe keriting merah
  • 10 bh cabe rawit

Cara membuat :
  • Cuci bersih buah mengkal dengan air mentah,tiriskan
  • Cuci lagi, kali ini pastikan benar2 bersih, dengan air hangat,tiriskan
  • Serut buah dengan serutan khusus.Pisahkan masing-masing buah saat menyerut, jangan di campur.
  • Sementara itu, buat air gulanya : rebus api kecil gula aren dengan sedikit air. Setelah mendidih dan mencair, matikan api, sisihkan, tunggu sampai dingin
  • Rebus cabe keriting dan cabe rawit dengan sedikit air, angkat setelah mendidih, sisihkan (airnya jangan di buang)
  • Ulek terasi matang,garam dan cabe keriting sampai halus (cabe rawit jangan dimasukin yahhh),campur dengan asam jawa dan tuangi air cabenya,aduk2 sampai rata & larut dan campur dengan air gula,aduk rata lagi,saring supaya kotorannya tidak ikut tercampur
  • Pada panci besar, campur semua buah yang udah di serut jadi satu, tuangkan air gula yang sudah disaring. Masukkan cabe rawit utuh, aduk merata. Diamkan di kulkas
  • Siap di maeeeem