Rabu, 04 Maret 2015

Ketika Mas Dhanu Batpil

Pasti semua orang tua yang punya anak batita, balita pada stres deh kalo anak kesayangannya kena batpil...terutama ibunya (haha...maen gender ya saya)...

Batpil adalah salah satu musuh utama Mas Dhanu...kenapa dibilang utama? karena Mas Dhanu anak alergi juga....jadi ya harus extra ngilangin batpilnya...kadang nih udah coba cara RUM tradisional, ealah makin menjadi2 yaudah lah langsung deh ke Dokter Daniel di Hermina....kadang kalo Dokternya gak praktek, saya biasa ke Dokter Idham (yang ngantrinya amit2)...

Pernah loh Mas Dhanu batpil 1 bulan....trus karena alergi, ya ampun itu suara grok2 lendirnya kuenceeeeeng bangettt....kan kasian ya kalo anak balita gitu belom bisa keluarin lendirnya..yang adaa rungsing di tengah malam (karena kan kalo malem dingin...area pernapasannya jadi makin sempit akibatnya jadi susah napas deh)...Kadang kalo saya rada tega dikit, saya panggil fisioterapis khusus balita yang bisa keluarin lendir dengan cara di uap dan dimuntahkan (bapak ini jago loh membuat anak bisa muntah), nah tapiiiii.....ini ni yang  bikin ga tega.....Mas Dhanu akan nangis meronta2 kaya disiksa gitu...tapi lendirnya keluar banyak dan dia bisa makan dan bobo dengan nyaman....Kalo kasusnya berat, fisioterapis ini bisa datang 3 kali dalam hari yang berbeda...kadang saya ke RS nya juga, karena beliau suka sibuk...

Mundur sedikit, saya mau share pengobatan home treatment yang pertama kali dijalani Mas Dhanu, sebelum ke dokter dan sebelum panggil fisioterapis ini, yaitu :

1. Uap sendiri dirumah pake nebulizer, berbekal dosis obat yang sebelumnya diresepkan oleh dokter..setelah selesai diuap, biasanya saya tepuk2 sedikit punggung dan dadanya...(cara nepuk2nya brosing yakkk)
2. No kipas angin, no AC
3. Sediain magicom bekas, isi dengan air (jangan terlalu penuh), kasih 1 sendok muncung garam dapur, beberapa tetes minyak kayu putih (kalo asli lebih bagus), olbas, minyak telon (kalo ada), aduk2...terus set ke cook, tutup magicom...biarkan sampai beruap, buka tutupnya...dan biarkan aja dia mendidih...kalo airnya surut ya udah copot kabel listriknya....oya pastikan magicom ini jauh dari jangkauan anak2 dannnn pastikan kita jangan tidur terlelap yah...takutnya kebanyakan uap nanti menghirup karbon dioksida (bener ga yah teori ini..wkwk)..kalo saya mau tidur, pasti magicomnya saya cabut listriknya...
4. Tetesin pure baby atau olbas for children di atas bantal atau tisu
5. Banyakin minum air hangat
6. Banyakin makan sop hangat dengan banyak sayurannya
7. Oleskan balsam khusus bayi (saya pake Transpulmin BB) ke dada dan punggung bayi...balsam ini juga katanya ga boleh dipakai terlalu sering....jadi saya pakainya kalo lagi batpil aja
8. Tidurnya pakai bantal, agar nyaman
9.Hindarin makan goreng2an
10. Banyak makan buah....Mas Dhanu cocok sekali makan pepaya dan jambu merah...karena 2 buah ini kaya akan vit. C lebih banyak dari jeruk
11. Kasih susu dicampur madu khusus bayi..madunya cukup 1 sendok kecil bayi 1 hari sekali
12. Banyak-banyakin tidur

Yah segitu sih home treatment yang selama ini saya lakukan...kadang manjur, kadang kaga...ada saran lagi kah harus bagaimana?

Senin, 02 Maret 2015

Investasi di Reksadana for Ibu-Ibu Pemula

Pembahasannya rada berat nihhhh....Jadi dulu waktu kuliah ekonomi, pengen banget maen di reksadana...cuman waktu itu harus punya dana minimal 10juta (ajebuset) dan kalopun ga bisa sediain 10jt, minimal kita bisa patungan sama temen2, masing2 bayar 1jt untuk 10 orang...dapet kan dana 10 jt...tapi ya itu...kan saya masih pelajaaaar...duit 1jt darimana coba,haha....

Setelah sekian lamaaaa....dan menahun-lah...saya mulai melirik reksadana lagi...apalagi ibu-ibu tua di kantor saya pada maen reksadana lohhh....aduh jadi malu, saya yang muda ini ga punya investasi apa-apa...plus sekarang ini investasi di reksadana semakin menarik karena minimum pembelian biasanya 500ribu dan bisa autodebet 100rb per bulan...gimana gak cihuy tuh..wkwkwk...

Kemudian makin teracuni dengan teman kantor yang bernama Lisa (haha sebut merek), dia itu kasih tips2 lah gimana milih reksadana, tipsnya sih simple : Lo buka infovesta, liat bagian reksadana, pilih reksadana saham...nah cari deh yang kinerjanya selama 3tahun persentasenya paling tinggi...

Tetep dong dari situ masih bingung...apa itu yang namanya reksadana...mana dulu pas kuliah benci banget sama finance,accounting, dan mahluk2 halus seperti itulah...nah di infovesta itu ada pengertian2 tentang reksadana,okelah sip...itu sebagai dasar pijakan saya...terussss...pilih reksadananya gimanaa....nah, teman saya itu bermain di reksadana panin dana maksima dan panin dana prima, yowis...saya capcipcup dan melihat kinerja panin dana maksima paling tinggi yasud belinya panin dana maksima...hihiihi tapi saya juga sempet cek2 forum ibu-ibu juga yang doyan investasi di reksadana seperti :
1. Theurbanmama
2. Financial advisor
3. Ligwina Hananto
4. Aidil Akbar
Atopun blogger dan hampir sebagian besar usulnya panin dana maksima...

Naahhh....selama 3tahunan sempet naek turun gitu...tapi harga NAB nya tetep tinggi, dan saya tutup mata aja hihihiihi...namanya reksadana saham, buat jangka panjang...dan terbukti sekarang lagi naek lg..
Saya pun sukses meracuni Dasanida....ealah jadi dia yang maniak maen reksadana,sedangkan saya masih aja punya satu reksadana doang dan ngga di top up,wkwkwkwkkw...

Naaah sekarang saya mulai mau menambah reksadana lagi udah punya buntut soale..jadi harus mikir banget deh mau investasi apa...(pengennya investasi properti, apa daya keuangan belum kuat hahahahaha).nama produknya juga rekomendasi dari Dasanida hehehehe...jadi gantian deh saya yang diajarin sama dia...
Nah...yang direkomendasiin Dasanida tuh :
1. Reksadana campuran - Schroder Syariah Balance Fund
2. Reksadana saham - Manulife Syariah Sektor Amanah
3. Reksadana saham - BNP Paribas Pesona Syariah

Lah, syariah semua ya? hihi teman saya itu memang prinsipnya syariah,sehingga oke deh saya ngikutin aja...nah sebelum mengambil fix keputusan item2 tersebut, saya membaca blog adi pramono, nah tambahan dari saya nih liat fund fact sheetnya...grafiknya diatas benchmark atau tidak...
Dannnn meluncurlah saya ke Commonwealthbank di jatinegara...kalau menurut analisa profil resiko, saya termasuk yang berimbang..jadi seharusnya saya menginvestasikan dipendapatan tetap 35%,saham 30%, pasar uang 25%,kas/deposito 10%  dengan jangka waktu investasi 3-4tahun...eh tapi saya malah banyak main di reksadana saham,hihiihihihi...Menurut bagian marketing Commbank, 3 reksadana pilihan saya tersebut performancenya ok...
Okelah gapapa,next time saya akan coba di pendapatan tetap...dan udah punya kecengan sih :
1. BNP Paribas Prima II
2. Schroder Dana Mantap Plus II
3. Mandiri Investa Dana Obligasi Seri II
Tar deh dicek dulu kinerjanya, mau pilih yang mana dari 3 item itu..
 
Btw, emang enak ya beli di Commbank...secara dia supermarketnya reksadana, satu account bisa beli beberapa reksadana...dan di Commbank saya milih yang tiap bulan di debet langsung dari rekening,supaya rajin lah investasinya wahahaha...

Oya...ada satu hal yang mengganjal nih tentang reksadana, bahwa investasi ini tidak ada penjaminnya...berbeda bila kita menabung di bank, ada penjaminnya yaitu LPS (CMIIW)..saya nanya dong saya marketingnyaa...nah menurut marketingnya, ada kasus seperti itu memang, jadi kinerja suatu reksadana tuh tidak oke dan makin menurun, meskipun tidak ada penjaminnya tapi Manajer Investasinya bertanggung jawab mengembalikan dana para investor dengan catatan NABnya mengikuti NAB sekarang (disaat harganya 'nyungsep')...hmm, itu bisa saya terima, tapi mungkin semuanya akan kembali lagi pada kebijakan Manajer Investasinya..ya kalo saya sih sebagai investor ya emang pengennya dana investasi dikembalikan lagi sih...semoga pemerintah Indonesia membuat kebijakan mengenai peraturan reksadana ini yahhh..
Karena kalau dipikir2...para perusahaan di Indonesia ini kan memerlukan dana segar dari investor, salah satunya adalah investor perseorangan seperti saya yang hanya bisa mencicil dalam melakukan investasi..tapiii kalau orang seperti saya ini dikali jumlah 25% dari penduduk Indonesia? lumayan banget kannnn...nah kami-kami ini perlu diberikan perlindungan semisal ada gonjang-ganjing,alahhh gaya bener deh...

So, ada yang mau share tentang reksadana?? saya masih awam n masih belajar sih...jadi mari kita saling menuntut ilmu dan membuat Indonesia kearah lebih baik...(ihhh keren banget bahasanya...ialah...Indonesia lebih baik akan membuat masyarakatnya menjadi lebih baik juga dooong...)


Rabu, 25 Februari 2015

Makanan Mas Dhanu umur 14bulan

Kalau menurut literatur dan kata dokter,umur 12 bulan, anak-anak sudah boleh makan table food....tapi ada juga yang bilang, its ok table food asal tetep bernutrisi dan takaran gulgarnya moderate...

Nahhh pada kondisinya Mas Dhanu, umur 12 bulan dia masih makan makanan MPASI, nasi lembek dengan sop2an gitu deh...karena dia masih males ngunyah....Saya sempat stres juga, dikasih daging cincang sama dia di hoek2...dikasih cacahan tempe di hoek2...jadinya dagingnya masih saya blender deh...

Kemudian umur 14 bulan saya coba nasi, alhamdulillah berhasil, mau maem dia...bertanya kesana kemari, salahsatunya ke Dasanida, dia kasih saran,coba bikin bakso...okelah, saya sampe cari chopper yang murah meriah,trus bikin bakso...and alhamdulillah...it works!! Dan pelan-pelan saya kenalkan juga ke daging cincang, karena geraham Mas Dhanu udah mulai bermunculan...

Mau sharing pengalaman saya...saya sudah berikan gulgar tentunya dalam jumlah moderat...Menu harian Mas Dhanu ya nasi dan sop (nah isi sopnya tuh protein hewani, nabati, sayur seperti brokoli,kabocha,bit,jagung manis,bayam merah ...ga semuanya masuk,tapi saya gilir lah, pokonya menu makan siang dan malam bahan-bahannya berbeda tapi tetep berupa sopp)

Nah yang jadi PR juga adalah menu makan pagi...harus simple,karena Mas Dhanu minum susu juga...Biasanya sih nasi dikasih Abon MyBaby / Nasi Goreng / cemilan kukusan berat/makaroni schotel

 Trus cemilannya berupa :
1. kukus-kukusan seperti ubi kukus,kabocha kukus,pisang kukus,makaroni schotel

2. buah potong seperti pepaya dan jambu merah...
3. kadang juga goreng-gorengan (tapi jarang banget) seperti kentang goreng...
4. atau kalo males ya roti tawar gandum...
gitu doang wkwkwkwk tapi di saat wiken, saya buat lebih istimewa....

Istimewanya adalah, saya membuat cemilannya sendiri...tapi kalo males ya beli aja di bakery hehew...
Cemilannya sih seperti agar-agar (supaya bernutrisi, saya suka  campur dengan ubi kukus,kabocha kukus,jambu merah), taiyaki,bubur kacang ijo (saya teteap masih skip santan ya, karena pencernaan Mas Dhanu agak sensitif)..


Nah kalo yang saya beli  di bakery tu adalah one dish meal yang kaya kalori dan bernutrisi, seperti pastel tutup, kroket kentang,bacang,makaroni schotel....Saya paling suka banget sama bakery seperti Holland Bakery dan Chiquita....

Pengennya sih lebih variatif dalam kasih cemilannya, terutama bikin sendiri...cuman ya itu waktunya ga ada...doakan ya supaya saya bisa lebih handal dalam memanage waktu dalam memberikan makanan untuk Mas Dhanu,hehe....

Senin, 23 Februari 2015

Betapa Kejamnya Orang Dewasa Terhadap Balita dan Anak Kecil


Saya sebenernya ngga suka anak kecil dan ngga deket juga sama anak kecill…tapi itu duluuu, sebelum merit…menurut saya, anak kecil itu pengganggu, ga asik, rese, nyusahin, selalu heran sama orang-orang yang bilang anak kecil itu lucu….pokoknya saya alergi sama anak kecil…
Kalo ngedenger ada orang yang kehilangan anaknya, dengan entengnya saya komentar : “aaaah…ilang satu susah amat sih….kan gampang bisa bikin lagi”…(sekarang amit-amit deh komentar kaya gitu)
Setelah merit….jadi kepikiran pengen punya anak…semakin kepengen ketika tahu saya bermasalah untuk mendapatkan keturunan….jadi iri sama pasangan yang selalu ceritain anaknya melulu….jadi sebel kalo ditanya sama orang-orang kapan punya anak, kok gak jadi-jadi melulu….
Setelah dipercaya sama Allah untuk memiliki keturunan (Alhamdulillah), saya pun berubah….emang yah, menjadi ibu dan menjadi orang tua merubah semua dimensi pandangan dan tabiat saya….Insya Allah berubah menjadi lebih baik….Mas Dhanu hadir untuk menyelamatkan pribadi saya yang dulu workaholic,angkuh,egois,dan lain sebagainya…Yes..He is the center of my universe…
Dan….pastinya saya menjadi semakin mellow,sakit,terluka ketika melihat bayi,balita,anak kecil mendapatkan kekejaman dari orang dewasa….baik itu yang di eksploitasi maupun disiksa oleh orang dewasa..Zaman udah makin edannnnnn!!! Setan udah mulai menguasai dunia….Kasus2nya antara lain :
1.       Kekerasan seksual di JIS
2.       Sepasang kekasih abege yang hamil diluar nikah, dan ketebak dong mereka ngapain bayinya yang baru lahir??yap, selalu dibunuh /dibuang (meskipun kadang Yang Diatas berbaik hati memberikan penjagaan full terhadap bayi tersebut sehingga beberapa diantaranya ada yang ditemukan masih hidup)
3.       Terakhir kasus anak 7tahun yang dipukul bamboo sama bapaknya karena rebutan baju

Saya nangis ngebaca berita-berita itu…..anak kecil itu lucu sekaliiii ternyataaaa…..mereka lahir ke dunia karena orangtuanya….heyyy mereka tidak bersalah….(saya nulis sambil berkaca2 dan sambil melirik mas Dhanu yang tertidur lelap sambil mulutnya terbuka…subhanallah….anak kecil itu lucu sekali)…saya speechless sama orang dewasa yang jahat seperti itu….kemana nuraninya….gak ngerti…..

Semoga…..ketika saya punya rezeki berlebih, saya ingin merawat,memberikan kasih sayang,mengajar kepada anak-anak kecil itu….sehingga kelak mereka bisa tumbuh dewasa menjadi manusia yang berahlak bagus, memutus mata rantai kekejaman orang dewasa yang jahat…

Mas Dhanu, doakan ibu menjadi ibu dan orang tua yang lebih baik yaa sayang….aminnnnnnn

Kamis, 05 Februari 2015

P3K Dhanu

Musim penyakit sekarang....dan saya sellalu mengecek isi P3K Dhanu, isinya buanyakkkk bangett...semuanya dibutuhin dikala darurat, saya ceritain ya, apa aja isinya :

1. Tempra Drop -> Penurun Demam
2. Blue Fever -> kompres instant
3. Ozen -> obat alergi, kalo lagi kumat akut
4. Olbas for children -> untuk inhalasi kalo bobo..cukup di tetesin di atas tisu, trus taro dibawah bantalnya atau di sekitar kepalanya mas Dhanu
5. Betadine cair -> untuk luka berdarah, biasanya gara2 mas Dhanu garuk2 trus berdarah deh (kalo kumat alerginya, kan gatell)
6. Baycuten -> Salep untuk kulit alergi yang gatal2
7. Transpulmin BB -> balsam bayi kalo lagi flu dan batuk...diaplikasikan ke dada dan punggung trus tepuk2 deh
8. Microlax -> untuk sembelit, tapi blm pernah saya gunakan sih...selama ini cukup manjur dengan dikasih pepaya
9.Alcohol pad -> kain kasa kotak yang sudah diberikan alkohol, instant gt deh,jd ga perlu netes2in alkohol lagi
10. Nebulizer plus obatnya -> terapi inhalasi kalo kumat batpilnya...maklum kalo anak alergi tu sering bgt kena batpil,sebel deeeh...
11. Cotton bud for baby

Segitu deh alat perangnya...dan setiap bepergian harus selalu bawa ini...just in case aja,sedia payung sebelum hujan hehew

Senin, 26 Januari 2015

Cemilan Bayi Saat Punya Gigi (Biskuit made in pabrik)

Saya sering memberikan cemilan biskuit ke mas Dhanu...karena memang tidak punya waktu untuk membuat biskuit bayi....Meskipun demikian, saya berusaha cermat melihat kandungan2 biskuitnya terutama HARUS tidak mengandung susu atau telur...Dan inilah biskuit2 kesayangan mas Dhanu, gambar diambil dari tororo.com

1. Baby Choice rasa original....saya pilih rasa original karena kalorinya tinggi
2.Gerber graduate puffs .... mas Dhanu senang dengan bentuknya, suka proses mengambilnya, menjepit dengan jempol dan telunjuk
3. Happy puffs...yang green...sama kaya no.2 alesannya
4. Pigeon baby biscuit spinach...bentuknya aneh, jadi seneng megangnya
5. Organix finger foods...rada besar bentuknya...tapi dia suka megangnya cuman rada keras

Minggu, 04 Januari 2015

Sectio Caesaria, Oh Noooo....

Baru baca artikel di Mommies Daily...

Saya juga  mau sharing pengalaman saya...
Saya juga terpaksa sectio...dan sudah diprediksi sih sama dokternya untuk sectio...karena posisi bayi ada di sebelah kiri semua (sebelah kanan kosong), posisi badannya tidak melintang, tetapi lebih ke arah seperti barat laut, barat daya, menyerong lah ...ada sih istilah kedokterannya tapi saya lupa...dan juga kakinya terlilit tali pusar...lengkaplah ada 3 hal yang membuat saya harus di sectio..

Ya saya dengar cerita2 seram seputar sectio,seperti yang ditulis di mommiesdaily itu...ada cerita nih,sodara saya nekad...setelah kelahiran kembarnya ke 3 nya yang sectio, pas kelahiran ke 4 dia gak mau sectio...karena kelahiran 1 dan 2 nya dia normal...dan saat itu dia berumur 40tahun...yang terjadi apa??dia nekad normal, yang ada dia pendarahan dan hampir sekarat...oh noooo.....itu NEKAD SEKALII..

Back to cerita saya, prediksi dokter  bahwa saya harus sectio itu menjelang kelahiran saya, duuuh sebel banget dengernya,pengen nangis....saya kan  pengen normalll....saya udah ikutin senam hamil, sering jalan (tapi ga terlalu sering sih karena badan saya tu dah sakit2 semua, apa karena kegemukan ya karena naik 30kg??)..tapi kata dokter sih dicoba dulu usaha normal,saaya disuru beli penahan perut agar bayinya ngga miring kiri lagi...menjadi lurus posisinya...

Saya belilah penahan perut itu....dan kok pas saya pakai malah bayi saya ajrut2an gak keruan di dalam perut trus ada flek2 gitu (agak shock juga karena udah lama ga mens eh ngliat beginian jadi bingung sendiri haha)....Saya lapor ke ibu saya yang lagi hangout...katanya itu biasaaaa....lah insting saya sih mikir harus segera ke dokter, karena kata dokter saya, ‘ketika ada apapun,sekecil apapun, langsung kerumah sakit ya bu’...saya bersikeras ke RS dan ibu saya pun mengalah..ohya, ini posisi suami lagi diluar kota yaaaaa..

Sampai di RS, bidan langsung cek dalam...oalah, begini toh namanya cek dalem???gak nyaman banget daahhhh...sakitt...Jadi cek dalam itu buat ngecek posisi bayi udah sampe mana...dari hasil pengecekan, posisi bayi saya masih di atas, belom di panggul...masih goyang, posisi ngga fixed...Dokter masih di luar, dan bilang saya harus di sectio...saya ketakutan...suami belom bisa di hubungin (rencananya dia otw penerbangan ke jakarta), sampai saya menawar ke dokter, bisa gak saya pikir2 dulu....bisa gak saya
 Sectionya besok aja....trus kata dokternya boleh tapi  kalau ada apa2 dengan saya dan kehamilan saya besok, saya yang tanggung sendiri...huaaaa....ogahhhh.....udah cape2 usahain punya anak masa beginiii...ya udah sectio aja deh...bodo amat...i love my baby so muchh...gapeduli kalo saya kenapa2...sing penting my baby selamat, itu yang dipikiran saya pertamakali...

Setelah semua berkas ditandatangani oleh saya dan ibu saya...koper2 pun di bawa oleh bapak saya...saya mulai disuruh puasa (padahal laper berat), diinfus, diambil darah, dipasang kateter, dicukur (haha)...duuuh jadi mendadak gini sectionya...sempet sih ibu saya membandingkan saya dengan adik ipar saya yang sedang hamil juga...adik ipar saya sering di pijat tradisional,diputar2 janinnya agar posisinya bagus..sedangkan saya menolak mentah2...karena saya takut, kan bayi saya terlilit tali pusar di kaki jadi kayanya pijat seperti itu it won’t works..(dan..sesudahnya saya tahu...kata ibu pijatnya kalo anaknya terlilit tali pusar di kaki dan tali pusarnya pendek, dia ga bisa membantu...susah katanya...so emang udah takdir saya harus sectio)...

Sodara2 berdatangan, memberikan dukungan dan doa....Ketika saya mau masuk ruang operasi..suami pun belum sampai ke RS...suami meng OK kan keputusan caesar ini...saya pikir, emang bayi saya punya feeling kali ya,dia mau lahir pas ada bapaknya...itu juga pastinya karena Allah sih hehe..
Masuk ruang operasi, terasa dinginn....saya ngga henti2nya berdoa, bermuka pasrah sampe dokter2 pada heran..ya maklum anak pertama...

Badan di bersihkan, punggung belakang di suntik, dan dimulailah rasa ba’al pada pinggang kebawah...duh sepertinya lama sekali proses sectio ini...sedangkan menurut saudara2 saya diluar cepat sekali sectionya...ngga sampai 15 menit! Semuanya tidak terasa, kecuali saat bayi saya dikeluarkan dari perut saya...gusrak2...badan saya di goyang2 dengan kencang, terus dokter anestesi membantu saya menekan dari atas (untuk ngebantu ngeluarin kali ya)...setelah itu terdengar bunyi ‘oekkk oeeek’ samar2, saya mulai pusing, gak bisa napas seperti lagi flu berat(katanya sih efek obat bius) sampai saya harus bernapas pake mulut sepanjang malam...Saya melewatkan Inisasi Menyusui Dini, karena saya udah ga inget apa2...

My lovely Son
Harus di inkubator,  kaki kanannya biru karena terlilit tali pusar


Besokannya....badan sakiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit banget, terutama pada jahitan...miring sakit, bangun mau muntah apalagi jalan????! Tapi dokter suruh saya belajar jalan disore hari...saya berusaha memanage rasa sakit ini dengan melihat anak saya Mas Dhanu yang mbulet...tapi jadi makin stres pas ASI ngga keluar2...
Mengenai rasa sakit ini, saya benar2 merasakan sakit yang teramat sangat, entah kenapa (kata teman saya, sakit banget itu biasanya diderita oleh orang2 yang bertekanan darah rendah)...teman saya cerita saking sakitnya dia sampai pingsan dan terpaksa dimasukkan obat dari dubur...teman saya yang lain hepi2 aja di sectio karena dia dikasih obat anti sakit jadi pas hari ke 3 dia udah bisa jalan2 ke mall...what????? saya sampe 1 bulan masih tepar karena sakit... katanya agar jahitannya bagus, saya  juga harus banyak makan ikan gabus,lele dan bayam.

Jadi bagi teman2 yang divonis sectio, saya hanya bisa ikut prihatin, tidak menjudge seperti masyarakat awam pada umumnya..... Tapi ga usah dipikirkan, yang penting kita sudah melahirkan bayi yang kita idam2kan...masiiiiiih panjang jalan menuju seorang mommies...