Rabu, 27 Agustus 2014

RESEP MPASI

Kali ini saya mau share beberapa resep MPASI yang sudah di praktekkan...tapi minus foto ya, ribet euy hehe...

1. TELUR KUKUS (mulai 7 bulan) Resep dari Sari,temen kantor
Bahan2 :
a. Merah telur ayam kampung , 1 butir
b. 30 ml saripati ayam

Cara membuat :
a. Campur jadi satu semua bahan
b.Taruh di atas ramekin, kukus 20 menit
c. Sajikan pake sendok deeeh

Note :
 Mas Dhanu sukaaa bangetttt...mpe mangap2 di sela2 GTM nya, sampe nunjuk2 segala kepengen disuapin lagi...hehehe...

2. SETUP APEL (mulai 6 bulan) Resep dari Mamaku Koki Handal Mpasi Perdana Cihuy!
Bahan2 :
a. Apel merah 1 buah
b. Pir 1 buah (ga pake)
c. Sejumput kayu manis bubuk

Cara membuat :
a. Campur jadi satu semua bahan
b.Taruh di atas ramekin, kukus 20 menit atau sampai lembek dan mengeluarkan air
c. Dinginkan, taruh di dalam tupperware steril. Masukkan kulkas bawah tahan 2hari
d. Penyajian untuk baby 6 bulan : disaring . Untuk Baby Led Weaning : kasih langsung tar dia gigit2 sendiri

Note :
 Mas Dhanu sukaaa bangetttt...sampe nunjuk2 melulu, pinterrrr...sehat dan soleh ya sayangg

3. MAKARONI SCHOTEL (mulai 8 bulan), jadi 1 porsi
Bahan2 :
a. Merah telur ayam kampung , 1 butir
b. 30 ml saripati ayam
c. Keju prochiz parut secukupnya
d.Wortel parut secukupnya
e.Makaroni elbow 1 sdm rebus sampai empuk menggunakan kaldu daging,angkat,tiriskan

Cara membuat :
a. Campur jadi satu semua bahan
b.Taruh di atas ramekin, kukus 20 menit/sampe mateng

Note :
Saya gak pake susu, maklum alergi...jadinya ya pake saripati ayam aja,hehe... Mas Dhanu sukaaa jugaaa...alhamdulillah...dia mau ngegigit n nguyah...nyoba kasih keju ealaaah bocahe masih alergi thooo...okelah skip dairy product lagi

4. KUE CAKE OAT APEL KUKUS (mulai 8 bulan)
Bahan2:
a.1 buah apel yang dikupas dan diserut
b.3 sdm tepung oat (saya grinder oatmeal, pake 1 sdm aja karena ngetes,,,kalo 3 sdm takut kebanyakan)
c.1 sdm unsalted butter (saya pake minyak flaxeed)
d.1 bh kuning telur

Cara pembuatan:
 a. Campur jadi satu semua,aduk2
b. Tuang diatas cetakan
c. Kukus 15-20 menit
d. Sajikan....

Note :
Mas Dhanu kayanya doyan, secara dia mangap2...tapi pas suapan ke 5 dia muntah2..maklum grok2 dari sakit batpil nya belum ilang,huhuhu....dan saya nyuapinnya juga di RSIA yang lagi ruameeeeee bangetttt..yang ada Mas Dhanu maunya nenen terus...huhuhu...kue buatanku terbuang sia2,ihiksss...cepet sembuh dong maaas...

5. PUDING ALPUKAT (mulai 8 bulan)
Bahan2 :
a. Agar2 swallow globe 1 pcs, di pecah2 jadi 10 bagian...Ambil 1 bagian aja, sisanya 9 bagian untuk stok
b. 1/2 buah alpukat,kerok semua,bejek2
c. Air 150 ml

Cara membuat :
a. Campur jadi satu agar2 dan air, aduk sampai mendidih 2x angkat, tunggu agak dingin sedikit, masukkan alpukat, aduk2
b. Diamkan sampai mengeras
c. Sajikan dengan cara diparut

Note :
Mas Dhanu suka lagiiii....alhamdulillah...resep ini untuk 1 porsi makan yahhhh

6.  BUMBU SOTO (8 bulan), dari buku Resep Mpasi Perdana Cihuy, tapi takerannya rada lupa hehe...bukunya entah dimana, jadi rada di modifikasi sedikit
Bahan2 geprek :
a. 1 pcs serai,geprek
b.1 iris lengkuas, geprek
c. Daun salam 1 lembar
d. Daun jeruk 1 lembar

Bahan2 ulek halus:
a. 3 pcs bawang putih
b. 2 pcs bawang merah
c. 1 cm kunyit
d. 1 sdm margarin
e. 6 butir ketumbar
f.Air 100 ml

Cara membuat;
a. Tumis bahan2 ulek dan bahan2 geprek dengan margarin sampai harum
b. Masukkan air, aduk rata
c. Tunggu sampai air menyusut, angkat,dinginkan
d. Bumbu ini bisa dimasukkan saat membuat sop/kaldu...kalau saya, saya masukkan ke plastik2 kecil lalu di bekukan. Ketika dibutuhkan, ambil 1 plastik kecil dan campur dengan 1 plastik kecil kaldu beku, hangatkan dan berikan ke bayi

Note :
Wangi soto banget, mas Dhanu jadi antusias maemnya...secara yaaa gurih bangett

7. BUMBU GURIH
Bahan2 :
a. 4 Bawang merah
b. 4 bawang putih

Cara membuat:
 a. Goreng sampai kering bawang merah dan bawang putih. Goreng tersendiri yah, secara bawang putih itu cepat matang dan cepat gosong, sedangkan bawang merah lama sekali matang.
b. Tiriskan, tunggu sampai dingin
c. Ulek halus bawang merah dan bawang putih goreng
d. Seperti biasa, masukkan ke plastik2 kecil lalu di bekukan. Ketika dibutuhkan, ambil 1 plastik kecil dan campur dengan 1 plastik kecil kaldu beku, hangatkan dan berikan ke bayi

Note :
Gurih dan wangi....nambah napsu maem Mas Dhanu

8. AGAR2 KENBIT
Bahan2 :
a. 1/2 buah kentang kukus, haluskan
b. 1/2 buah bit mini,kukus, haluskan
c. 1/10 bagian agar2 swallow globe
d. 1 iris jahe
e. 150 ml air

Cara membuat :
a. Campur agar2 dengan air dan jahe, rebus sampai mendidih
b. Masukkkan kentang dan bit yang telah dihaluskan,aduk2
c. Tuangkan ke cetakan, untuk 1 porsi, tunggu sampai dingin
d. Sajikan dengan cara diparut

Note :
Sebenernya Mas Dhanu suka, karena teksturnya beda......tapi saya kasih disaat dia lagi sakit demam, ya udah deeeeh dilepeh aja...ihikss..

Nulis Artikel

Woooooowww....artikel saya di muat!! hihi seneng bangett...ternyata bisa juga yah nulis...Cekidot lah dimari...

1. Pijat bayi : Dilakukan sendiri atau Ahlinya ?
2.

Selasa, 26 Agustus 2014

MPASI 9 BULAN



Sebenernya mas Dhanu uda mulai dikasi snack Baby Choice pas 7 bulan tapi suka kselek2 jadi saya berentiin…tapi di usianya sekarang yang udah tumbuh gigi 4 …dia makan baby choice jadi ga kselek lagi loh…hebattttt,,,,,akhirnya saya sedikit melepas ikat pinggang saya terhadap makanan instant…apapun deeeeeh sing penting cah cilikku antepppp…

Jadi begini susunan menunya :
MAKAN PAGI
  1. Bubur gasol karbo dan protein ato kalo mau ringkes beli aja yang 5 grain cereal..itu udah dobel karbo n dobel protein, dan stengah sendok VCO , 2 bungkus Baby choice+ minumnya sufor

SNACK PAGI
Pisang, 2 keping Heinz Farley jeruk/apel dan Sufor

MAKAN SIANG
Sama dengan menu 7 bulan + 2 bungkus baby choice

SNACK SORE
Alpukat, 2 keping Heinz Farley dan sufor

MAKAN MALAM
Sama dengan menu 7 bulan + 2 bungkus baby choice

Dengan penambahan makanan pabrikan, dalam 1 minggu bertambah 500 gr…alhamdulilah…maaf ya kalau ini kurang baik dicontoh…tapi saya lakukan apapun agar BB anak saya tidak dibawah garis kemiskinan…jadi dalam 1 bungkus baby choice original terkandung 100 kalori,jadi lumayan menabung kalori… dalam 2 minggu BB mas Dhanu naik 1 kg!!!! dengan dia yang hiperaktif seperti itu….sujud syukurrrr….tapi setelah itu masa2 kegelapan datang lagi…GTM kembali datang, penyakit kembali datang, gigi taring atas tumbuh 2 gigi…dan BB nya kembali merosot…ihikssss (semangaaaaat)

MPASI 8 bulan



Nah mas Dhanu uda mulai GTM, ampuuuuuuuuuuun……saya jadi parno nyuapin….yang tadinya mangap jadi mingkeeeem melulu, harus digoda2in,diajak maen, dst…meskipun dia duduk di carseat…yap kursi makannya dia carseat…bahkan harus di botram, alias ibunya ikut makan di depan mas Dhanu biar dia mau makan…GTM nya sih gara2 tumbuh gigi,,,,tapi ya jadi terus aja bablassss…mulai 8 bulan saya atur makannya jadi 5x sehari…busetttt…padahal sekali makan aja bisa 1-2jaman…emang harus ditelateninm untung mba dede nya sabar yahhh…Alhamdulillah punya art yang baik hati.

Trus ada kalanya mas Dhanu selama 2mingguan gamau nasi…huhuhuhu…akhirnya produk nasi saya ganti dengan kacang hijau lumat…Alhamdulillah mau…terimakasih kacang hijau yang bergiziii

Saya mulai coba kasih telur juga…merah telur sih…dimulai dari telor puyuh karena less allergic…habis itu telor ayam kampong,,,yeayyyy no allergic at all!!

Disini saya share aja ya model makannya…capek euy kalo jabarin jadwal menunya…soalnya karena GTM jadinya susunan menu berantakan jadinya ya ala menu dadakan deh…

Intinya 5x makan sehari itu terdiri dari 2x snack dan 3x makan besar. Mas Dhanu masih makan bubur saring dan yang tadinya saya hindarin tepung gasol, jadinya saya gunakan juga deh hahahahaha.,,,

Contoh menunya :

MAKAN PAGI
  1. Bubur gasol karbo dan protein ato kalo mau ringkes beli aja yang 5 grain cereal..itu udah dobel karbo n dobel protein, ditaburin keju parut dan stengah sendok VCO + minumnya sufor

SNACK PAGI
Pisang dan Sufor

MAKAN SIANG
Sama dengan menu 7 bulan

SNACK SORE
Alpukat dan sufor

MAKAN MALAM
Sama dengan menu 7 bulan

Makanan yang baik untuk 8-10 bulan :
Tepung hunkwe, ubi jalar,wortel,apricot,yogurt,daun kangkung,jambu biji,melon, roti gandum,lobak,paprika,sawi, brokoli,kacang merah,kacang hijau,kacang polongterung ungu,asparagus,keju,bayam,bit,pasta.

Mas Dhanu ga cocok sama keju huhu….trus suka kselek2 kalo makan, ampun dehhhh,,,,beratnya juga ga nambah signifikan,,,naek sih tapi masa sebulan cumin 100gr huhuuhuhu…

MPASI 7 BULAN



Mulai deg2an untuk mpasi 7 bulan ini….bingung hahahahaha…nah karena tujuan saya menambah BB mas Dhanu, maka saya rajin pantengin forum2 ibu2…banyak sekali manfaat yang di dapat…sehingga di bulan ke 7 ini saya tingkatin jadwal makan mas Dhanu jadi 3x sehari…hehe…Untuk postingan ini, saya udah ngga kasih jadwal menu yaaa…saya kasih tips2nya aja dan bahan makanan apa yang aman dikonsumsi bayi 7bulan.

Tips Meningkatkan kalori :
  1. Pastikan didalam makanannya dobel karbohidrat (contoh : beras putih + kentang ; beras putih  + ubi jalar kuning ; beras putih + labu parang kuning)
  2. Pastikan didalam makanannya dobel protein (daging + tempe; hati ayam + tahu)
  3. Berikan kaldu (daging ; ayam ; ikan)
  4. Beri buah berkalori tinggi (pisang;alpukat)
  5. Berikan minyak /mentega. Mas Dhanu kan alergi jadi ga bisa makan mentega, jadinya saya berikan Extra Virgin Olive Oil/ Virgin Coconut Oil. Tapi saya cenderung pakai VCO karena selain harganya terjangkau, dia juga rantai sedang gitu deh katanya jadi mudah diserap tubuh dan efeknya bisa ndut. Kalo EVOO itu rantai panjang jadi butuh waktu lama diserap tubuh
  6. Beri makanan berkolestrol (ati ayam; otak sapi;sum-sum sapi) Saya belum pernah kasih otak sapi sih, tapi ati ayam dan sum-sum sapi sering...bayi butuh kok makanan berkolestrol, asal kita kasihnya moderat…missal  2x dalam seminggu kasih menu kolestrol
  7. Ganti air putih menjadi air rebusan kacang hijau yang pertama. Tau kan caranya ? rendam kacang hijau semalaman untuk mengurangi nitratnya, buang airnya, rebus kacang hijau sampai keluar warna merah/kuning dan kacang hijaunya jangan sampai pecah…nah air itu yang dijadikan air minumnya

Itu sih tips dari saya…contoh menu dalam 2 hari seperti ini :
HARI 1
  1. Pagi : Alpukat + SUFOR
  2. Siang & malam : Pepaya (biar lancer jaya pupnya) saring dikasi saat awal makan. Setelah itu baru dikasih dobel karbo,dobel protein,kaldu, labu siam (1unsur sayur aja),minyak setengah sendok bayi.

HARI 2
  1. Pagi : Alpukat + SUFOR (ga brani kasih buah lainnya, karena masih pagi hihi)
  2. Siang : Menunya sama kaya hari 1, tapi dobel proteinnya diganti jadi : sumsum sapi  kukus+ tempe
  3. Malam : menunya sama kaya hari 1

Gimana bikin proteinnya ? Kalau ayam dan daging sapi, saya pake sapi has dalam yang di cincang trus rebus (kaya bikin kaldu daging) cumin airnya jangan terlalu banyak, trus direbus 2 jam agar empuk dagingnya…udah gitu di blender deh…baru di frozen

Untuk ikan, saya kukus selama 20 menit dengan sedikit jahe dan daun jeruk, saring pake saringan halus (karena ada tulang2 kecil yahh) baru di frozen…oya, ikan yang mudah di saring adalah ikan gurame, patin dan belut. Lele susah banget disaring jadi saya ga pernah pake lele. Patin berbau amis…mungkin karena kaya omega 3 kali ya. Oya, bagi saya belut juara banget deh…..ga perlu beli daging has dalem, cukup dengan belut disitu semua nutrisi udah ada, ngalahin daging…Cuma ya itu, gampang2 susah cari belut euy!!dan belut lebih murah daripada daging…klik ini untuk tau gizi belut

Untuk sumsum sapi, beli yang sum2nya aja…di Karfur dijual kok…bersihin sesuai tulisan dikemasan, cincang,kukus selama 20 menit, baru di frozen…kalo mau di maem mas Dhanu, setelah di kukus kembali, sum2nya disaring supaya halus

Untuk ati ayam, pake ati ayam kampong…belinya di pasar…di Karfur ga ada ati ayam kampong curah…kukus sama bawang putih dan jahe (sedikit aja), trus frozen deh…kalo mau di maem ya disaring setelah dikukus…Saat ngukus ati ayam, ada kaldu dari ati ayam yang wanginya uenakkk banget…air kaldunya itu ikut di frozen yah, mas Dhanu sih suka banget

Di usia 7 bulan akhir,saya mulai coba2 kasih wortel, bayam merah…heheh padahal itu untuk yang umur 8 bulan..gapapalah curi2 dikitt

Makanan yang aman dikonsumsi umur 7 bulan :
Tahu kedelai, bunga kol,ketimun,kentang,tempe,daging sapi has dalam,ayam,hati ayam

Berat mas Dhanu belum bertambah signifikan, naiknya sedikit…masih dibawah garis normal (semangaaaat)

Senin, 14 April 2014

MPASI 6 BULAN



Halooo,,,,udah lama ga update blog ya….dan saya juga udah lupa masak memasak hihi semenjak punya jagoan cilik…jadi saya mau posting yang berbau MPASI deh….ini juga didorong oleh mba Adelia hehehe..

Acuan dasar MPASI saya adalah dari buku MPASI Perdana Cihuy Mamaku Koki Handal…selebihnya ya browsing!

Saat awal MPASI, saya perkenalkan mas Dhanu makanan serealia…kenapa? Karena less allergic (FYI mas Dhanu alergi susu sapi), tinggi kalori (yap..mas Dhanu kurus dan aktif)..Intinya makanan yang tinggi kalori deh,hehe…semuanya mengikuti pakem 3 days rule (makan makanan yang sama selama 3 hari berturut2 untuk melihat apakah ada efek alergi…kalo ga ada efek, artinya lolos, bisa diberikan lain waktu dan digabung dengan makanan lainnya yang lolos alergi). Selain efek alergi, yang perlu di perhatiin juga adalah pupnya…wah saya jadi analis pup hihihi…apakah sembelit/mencret/normal…yang bagus mah pastinya pup yg normal yaaa 

Mas Dhanu juga dikenalin sama air putih…jadi air putih ini dikasih saat dia lagi makan…diluar jam makan ya tetep dikasih ASIP/SUFOR..cuman ya namanya perkenalan, dia ga terlalu suka sama air putih

Oya, karena saya WM (working Mom) maka saya menganut frozen food juga…tapi saya hanya melakukan frozen untuk menu karbohidrat dan protein aja, karena nutrisinya lebih stabil  bila dibandingkan dengan frozen food sayur dan buah…so, untuk sayur dan buah saya selalu bikin mendadak (hehe bukan saya deng….art saya, mba dede yang bikin)

Cara frozennya gimana? Gampil…missal nih mo bikin frozen bubur beras putih…ya udah bikin bubur beras putih mpe lembut, saring, tunggu sampe dingin,sendokin trus masukin ke masing2 plastik es mambo deh…nanti kalo mau dipake pagi hari, malamnya tinggal ambil 1 plastik bubur putih dari freezer, taruh di kulkas bawah, paginya taruh di mangkuk keramik lalu kukus deh mpe anget baru diencerin pake ASIP/SUFOR.

Hari  1 – 3 (dikasih 1 hari 1x makan, kira2 1 sdm aja…)
Bubur beras putih saring (beras putih dibikin bubur sampai lembut,terus saring) dan encerkan dengan ASIP/SUFOR

Hari 4 – 6 (dikasih 1 hari 1x makan, kira2 1 sdm aja…)
Bubur beras merah saring (beras merah) dibikin bubur sampai lembut,terus saring) dan encerkan dengan ASIP/SUFOR
FYI, mas Dhanu sembelit makan bubur beras merah ini…

Hari 7 – 9 (dikasih 1 hari 1x makan, kira2 1 sdm aja…)
Oatmeal yang dimasak (bukan quick cook yah), saring, encerkan dengan ASIP/SUFOR

Hari 10 – 12 (dikasih 1 hari 1x makan, kira2 1 sdm aja…)
Alpukat mentega, kerok bagian kuningnya…jangan pake yang ijonya ya,pahit…saring di saringan kawat,encerkan dengan ASIP/SUFOR…oya, kenapa alpukat? Karena alpukat itu sangat kaya asam folat,vitamin,mineral dan kalori…bagus deh buat bayi…silakan klik link ini

Hari 13 – 15 (dikasih 1 hari 1x makan, kira2 1 buah ukuran sedang)
Saya pilih pisang ambon lumut…katanya bagus banget buat bayi dibanding Cavendish…sampe suami cari ke pasar Jatinegara hihihi…kerok pisang jangan sampe kena bijinya (bikin sembelit),encerin sama ASIP/SUFOR. Kenapa pisang? Pisang tinggi kalori, kaya kalium dan asam folat…

Ke dokter….ditimbanglah berat mas Dhanu,eng ing eeeeng…masih dibawah garis normal (semangaaaat), kata pak dokternya harus makan 2x sehari dannnn pisang/alpukat bukan main course ya,alias bukan makan berat..makan berat itu nasi…waduh….puter otak dong saya,masa tiap hari mas dhanu makan nasi mulu…kan saya pengen kenalin yang lainnya…akhirnya saya agak keluar pakem kenalin 1 jenis makanan dalam 1 hari…wong disuru makan 2x sehari…

Hari 16 – 18 (tetep kasih makan yang sama selama 3 hari )
  1. Pagi : Beras putih saring encerin pake ASIP/SUFOR
  2. Siang : Labu kuning, kupas kulitnya, kukus, saring, encerin pake ASIP/SUFOT
Mas Dhanu ga suka labu kuning…padahal bagus banget si labu, kaya khasiat huhu…silakan klik link ini

Hari 19 – 21
  1. Pagi : Beras putih dan beras merah saring encerin pake ASIP/SUFOR
  2. Siang : kentang (klik ini untuk tau gizinya) dan labu siam (klik ini untuk tau gizinya), kupas kulit, kukus,saring,encerin pake saripati ayam
Saya mulai coba kenalin sama kaldu juga hehe…takut mas Dhanu kekurangan zat besi…padahal mas Dhanu kan bayi campur ya,sebenernya ga perlu khawatir takut  kurang zat besi,karena di sufornya ada zat besinya..Disini saya pake saripati ayam..klik link ini untuk resepnya ya…kenapa ayam dulu? Ya karena katanya saripati ayam ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh si bayi..Saripati ayam ini saya frozen dengan metode seperti di atas yahhh…

Hari  22 - 24
  1. Pagi : Beras putih saring + baby buncis (klik ini untuk tau gizinya) encerin pake kaldu daging
  2. Siang : alpukat dan pisang…tetep dengan metode saring dan encerkan
Bikin kaldu daging gimana ? saya pake daging sapi has dalem, rebus 5 menit di dalem air mendidih, angkat,buang airnya, cincang dagingnya…lalu rebus lagi daging cincang tersebut dalam air mendidih selama 2 jam api kecil, pancinya ditutup ya…udah gitu saring deh…dagingnya dimakan sama ibunya hehe
Hari 25 – 27
  1. Pagi : beras putih saring encerin pake kaldu ikan
  2. Siang : beras putih dan alpukat (haha..kombinasi yang aneh…demi mengejar kalori)
Saya mulai kenalin kaldu ikan..hehehheehe…Ikan yang saya gunakan adalah ikan tawar..karena Mas Dhanu anak alergi jadi resiko aja kalo dikenalin ikan laut…menurut beberapa literature sebenernya jangan kenalin ikan atopun kaldu2an diawal MPASI,tapi saya nekat hahaha…pengen kasih  secepretan Omega 3 aja buat mas Dhanu…ikan tawarnya adalah : guramesodara2….beli aja gurame idup di Karfur, minta filletin, kepala n tulangnya minta juga yah…caranya, rebus kepala n tulang ikan di air mendidih sampe kecelup semuanya, rebus selama 2 jam api kecil, panci tutup. Kenapa api kecil? Karena dengan api kecil katanya sum2 dari tulang akan lepas (justru itu yang bagus), kalo api besar nanti sum2nya terperangkap didalam tulang. Karena dimasak 2 jam, pastiin airnya cukup yah…kaldu saya frozen juga…btw wanginya enaaaaak banget kaldu dari gurame ini.

Hari 28 – 30
  1. Pagi : Beras merah putih saring encerin pake kaldu daging
  2. Siang : Beras putih saring dan papaya saring…ga perlu di encerin karena papaya banyak airnya..sebelum papaya disaring, cuci dulu papaya dengan air hangat supaya getahnya ilang…soale getahnya bikin sembelit

Note :
  1. Pada akhirnya saya selalu menggunakan beras putih? Kenapa? Ya lagi2 karena dia kaya kalori…kalau anak saya gendut, saya akan kasih beras merah..tapi anak saya kurus, jadinya saya jejelin beras putih aja hehehe…
  2. Mostly yang bikin sembelit cumin beras merah aja…lainnya ok
  3. Mas Dhanu suka banget sama makanannya…mangap melulu,apalagi yang namanya alpukat dan papaya,widihhh
Makanan yang aman dikonsumsi 6 bulan : alpukat,apel,pir,pisang,papaya,jeruk baby,ubi,beras2an,oat,labu siam,labu kuning,buncis,zukini