Selasa, 16 September 2014

Ketika Diare a.k.a Rotavirus Menyerang...Apa yang harus dimakan bayi?

Mas Dhanu 11 bulan terkena diare a.k.a rotavirus...tak kira my baby boy bisa imun dari virus tersebut,tapi ternyata imunisasi tidak menjamin seorang anak imun terhadap penyakit tersebut..dia bisa terkena sewaktu2 ketika antibodinya lemah dan biasanya virusnya tidak terlalu ganas karena telah di imunisasi. Dannn imunisasi rotavirus yang di injeksikan ke badan bayi kita itu jumlahnya terbatas, sedangkan diluaran sana banyak sekali strain rotavirus...ya udin deh...diambil hikmahnya aja deh

Gejalanya ? Demam yang naik turun selama 2 hari dibarengi dengan diare 4x dengan bentuk pup yang semakin encer tidak ada ampas dan muntah2...Karena itulah Mas Dhanu harus di opname dengan infus supaya tidak dehidrasi.

Virus ini biasanya akan sembuh 5-7hari menurut dokter dan tidak ada obatnya...yang harus dijaga adalah harus diberikan asupan cairan terus2an, karena kalau dehidrasi bisa gawat sekali..oh nooooo....
Dan Mas Dhanu yang tadinya hiperaktif jadi lemes,pendiem,mata celong,rewel,manja dan sederet hal lainnya yang membuat hati saya mencelos saat itu...

Jadi menurut saya, apa yang telah kami lakukan sebagai orang tua telah tepat...di opname! meskipun Mas Dhanu tidak nyaman, sempet ngelepas infusnya sendiri dan walhasil darah berceceran di lantai (saya shock panik cepet2 panggil suster,suami sibuk neken2 pembuluh darah supaya berhenti,art saya panik sambil gendong Mas Dhanu..dan yang mencabut infusnya tenang2 saja...duh Maaas)

Hari pertama, Mas Dhanu tidur terus, tidak mau makan dan minum, its ok lah...karena dia sudah dapat asupan dari infus, dan pipisnya pun banyak...

Hari kedua, saya mulai melatihnya makan dan minum...Menurut literatur, saat diare, bisa menggunakan diet Banana Rice Apple Toast (BRAT), tapi dokter anak saya hanya menganjurkan makan karbohidrat dan protein...yaitu bubur nasi putih dan protein (ayam,daging,ikan) beserta kaldu protein hewani...buah dan sayur di skip dulu...Kemudian lemak,goreng2an,makanan berbumbu apalagi MSG its a big no-no...anyepan dehh hehe

Jadi begini menunya :

Hari 1 - hari 4
a. Bubur nasi
b. Kaldu ayam
c. Minum air putih yang banyak
d. Ayam rebus saring

Hari 5 - 10 (dilihat pupnya, kalau sudah mulai padat, bisa pelan2 masukkan buah pepaya)
a. Bubur nasi
b. Kaldu ayam
c. Minum susu dan mencampurnya dengan air tajin beras putih (karena anak saya alergi susu sapi, maka ia minum susu soya yang tidak ada laktosanya....susu sapi yang ada laktosanya bisa memicu tambahan diare saat bayi terkena diare)
d. Minum air putih yang banyak
e. Hati ayam rebus saring (supaya ada zat besinya) diselang seling dengan protein hewani lainnya
f. Tempe...its a must!!! pastinya tempenya dikukus trus disaring yaa

Semakin hari alhamdulilah Mas Dhanu semakin membaik dan saya yakin terutama karena pemberian tempe...Berat badannya terasa naik sih meski saya masih takut menimbang dia...berkat tempe...jadi setiap hari saya akan menyajikan menu tempe untuk Mas Dhanu tersayang...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar