Rabu, 25 Februari 2015

Makanan Mas Dhanu umur 14bulan

Kalau menurut literatur dan kata dokter,umur 12 bulan, anak-anak sudah boleh makan table food....tapi ada juga yang bilang, its ok table food asal tetep bernutrisi dan takaran gulgarnya moderate...

Nahhh pada kondisinya Mas Dhanu, umur 12 bulan dia masih makan makanan MPASI, nasi lembek dengan sop2an gitu deh...karena dia masih males ngunyah....Saya sempat stres juga, dikasih daging cincang sama dia di hoek2...dikasih cacahan tempe di hoek2...jadinya dagingnya masih saya blender deh...

Kemudian umur 14 bulan saya coba nasi, alhamdulillah berhasil, mau maem dia...bertanya kesana kemari, salahsatunya ke Dasanida, dia kasih saran,coba bikin bakso...okelah, saya sampe cari chopper yang murah meriah,trus bikin bakso...and alhamdulillah...it works!! Dan pelan-pelan saya kenalkan juga ke daging cincang, karena geraham Mas Dhanu udah mulai bermunculan...

Mau sharing pengalaman saya...saya sudah berikan gulgar tentunya dalam jumlah moderat...Menu harian Mas Dhanu ya nasi dan sop (nah isi sopnya tuh protein hewani, nabati, sayur seperti brokoli,kabocha,bit,jagung manis,bayam merah ...ga semuanya masuk,tapi saya gilir lah, pokonya menu makan siang dan malam bahan-bahannya berbeda tapi tetep berupa sopp)

Nah yang jadi PR juga adalah menu makan pagi...harus simple,karena Mas Dhanu minum susu juga...Biasanya sih nasi dikasih Abon MyBaby / Nasi Goreng / cemilan kukusan berat/makaroni schotel

 Trus cemilannya berupa :
1. kukus-kukusan seperti ubi kukus,kabocha kukus,pisang kukus,makaroni schotel

2. buah potong seperti pepaya dan jambu merah...
3. kadang juga goreng-gorengan (tapi jarang banget) seperti kentang goreng...
4. atau kalo males ya roti tawar gandum...
gitu doang wkwkwkwk tapi di saat wiken, saya buat lebih istimewa....

Istimewanya adalah, saya membuat cemilannya sendiri...tapi kalo males ya beli aja di bakery hehew...
Cemilannya sih seperti agar-agar (supaya bernutrisi, saya suka  campur dengan ubi kukus,kabocha kukus,jambu merah), taiyaki,bubur kacang ijo (saya teteap masih skip santan ya, karena pencernaan Mas Dhanu agak sensitif)..


Nah kalo yang saya beli  di bakery tu adalah one dish meal yang kaya kalori dan bernutrisi, seperti pastel tutup, kroket kentang,bacang,makaroni schotel....Saya paling suka banget sama bakery seperti Holland Bakery dan Chiquita....

Pengennya sih lebih variatif dalam kasih cemilannya, terutama bikin sendiri...cuman ya itu waktunya ga ada...doakan ya supaya saya bisa lebih handal dalam memanage waktu dalam memberikan makanan untuk Mas Dhanu,hehe....

1 komentar: